Rabu, 06 Februari 2013

Khasiat Telur Ayam Kampung bagi Kesehatan


Pendahuluan
 A.Latar belakang
Alhamdulillah robbil alamin segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita semua beragam nikmat dan kesempatan sehingga penulis masih bisa menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik, sungguh besar kekuasaan allah telah menciptakan berbagai macam mahkluk hidup, dan telah memberikan kepada kita intelektual yang mana seharusnya di gunakan untuk menegakkan peradaban islam.
Sholawat serta  salam semoga tetap tercurahkan kepada uswatun hasanah bagi seluruh ummat islam yakni nabi Muhammad SAW yang mana telah beliau tidak pernah naik mobil, kereta, apalagi pesawat tapi beliau sudah mengendarai kendaraan yang lebih cepat dari pada kereta expess dan pesawat yang kecepatannya melebihi suara dan semoga kita semuanya mendapatkan safaatnya di hari perhitungan kelak dan berjumpa dengan beliau, amin ya amin  robbil alamin.
Pengetahuan tentang kesehatan mungkin kita sudah rasakan bagaimana rasanya jikalau kita sedang sakit , pasti terlintang dipikiran kita semua bahwa kesehatan itu adalah salah satu nikmat Allah yang sangat penting dan perlu untuk  di syukuri, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “ ingatlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu” dari hadis ini kita dapat menyimpulkan bahwa semua mahkluk khususnya manusia sangat perlu yang namanya KESEHATAN.
            Oleh karena itu saya mencoba untuk menyusun sebuah karya ilmiah yang bertemakan “Khasiat telur ayam kampung bagi kesehatan tubuh” , walaupun sebenarnya para ibu-ibu rumah tangga sebagaian kecil hanya mengetahui telur ayam hanya bisa dijadikan bahan membuat kue dan makanan lain, ternyata dari sisi lain telur ayam bukan sekedar telur yang dicampurkan kedalam bahan kue, namun telur ayam kampung bukan sekedar itu tetapi berguna pula menjaga kesehatan tubuh kita. karena menurut saya kesehatan itu sangat perlu dan kekebalan tubuhlah yang akan menentukan kita kebal atau tidak terhadap suatu penyakit. Karena itu, telur ayam kampung merupakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah.  Namun ternyata selain untuk kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit ,telur ayam kampung bisa juga dijadikan untuk kecantikan kaum hawa atau dijadikan masker untuk menghilangkan minyak di muka.




B. Rumusan Masalah
·         A. Apa itu telur ayam kampung 

·         B. Mengapa telur ayam kampung lebih berkhasiat

·         C. Mengapa kuning telur lebih baik daripada putih telur ayam kampung

·         D. Apa beda telur ayam kampung dengan ayam negeri

·         E. Apa kandungan di dalam telur ayam kampung

·         F. Khasiat dan manfaat telur ayam kampung bagi tubuh

·         G.Fungsi telur ayam kampung bagi tubuh

·         H.Telur ayam kampung sebagai masker kecantikan

·         I.Dampak jika berlebihan dalam mengkomsumi telur ayam kampung
C. MAKSUD DAN TUJUAN
·         Untuk mengetahui khasiat ayam kampung bagi kekebalan tubuh

·          Untuk mengetahui kandungan yang di butuhkan oleh manusia untuk kekebalan tubuh

·         Dapat mengetahui perbedaan telur ayam kampung dengan ayam negeri

·         .Mampu memahami bahwa telur ayam kampung sangat berguna bagi manusia

·         .Mengetahui dampak jika berlebihan dalam mengkomsumsinya

PEMBAHASAN
A.    Apa itu telur ayam kampung 
Bicara tentang telur tentu bukan hal yang asing lagi bagi kita,mulai dari balita sampai orang tua suka mengkonsumsinya.Konsumsilah telur ayam. Para peneliti dari Pennsylvania State University mengatakan, ayam kampung menghasilkan telur dengan nutrisi esensial yang lebih tinggi, bila dibandingkan dengan ayam ras. Kandungan vitamin E-nya dua kali lipat lebih banyak, dan lemak omega-3-nya 2,5 kali lebih unggul. Semua itu penting dalam meningkatkan
kekebalan tubuh, fungsi penglihatan, fungsi otak, hingga kesehatan jantung kita.
Limpahan gizi telur ayam kampung ini disebabkan oleh kondisi ayam yang menghasilkan telur tersebut. Tidak seperti ayam negeri yang diternakkan di dalam kandang, ayam kampung diternakkan dengan membiarkannya berkeliaran di udara terbuka. Oleh karenanya, ayam kampung mendapat bahan makanan alami, seperti biji-bijian, tanaman hijau, serangga, dan cacing. Berada di ruang terbuka juga memungkinkan ayam kampung untuk mendapatkan udara bersih dan cukup sinar matahari. Selain vitamin E dan asam lemak omega-3 yang lebih banyak, telur ayam kampung juga memiliki kolesterol 1/3 lebih sedikit, lemak jenuh 1/4 lebih sedikit, vitamin A yang 2/3 lebih banyak, dan beta karoten tujuh kali lebih banyak. Kandungan beta karoten yang lebih banyak inilah yang menyebabkan kuning telurnya terlihat lebih gelap. Kemudian, vitamin D-nya juga tiga sampai enam kali lebih banyak.
Karena vitamin E dan D, omega-3, serta setengah dari protein pada telur ini didapatkan dari kuning telurnya, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi bagian lezat dari telur ini. Kuning telur juga mengandung lecithin, yang bersama omega-3 akan berfungsi menyeimbangkan kadar kolesterol dan lemak jenuhnya. Tentu, selama Anda tidak berlebihan mengonsumsinya, Anda akan mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.

B.     Mengapa telur ayam kampung lebih berkhasiat


            Telor ayam kampung sering digunakan sebagai campuran jamu, terutama jamu/obat kuat. Ada perbedaan pendapat mengenai bagaimana penggunaan telur ayam kampung yang paling baik. Salah satu pendapat mengatakan bahwa telur ayam kampung yang baik digunakan setelah direbus matang. pendapat kedua telur direbus setengah matang dan ada juga yang mentah. Untuk yang mentah pun ada yang mengatakan kuningnya saja, ada juga yang mengunakan putih dan kuningnya sekalian.Putih telur ayam kampung jika dioleskan pada wajah maka akan bermanfaat sebagai pelindung dari sengatan panas matahari ataupun api.Kalau kita lebih suka nelan (nguntal) kuning telor ayam kampung mentah mentah dan lebih suka lagi jika jadi minuman STMJ ( Susu Telor Madu Jahe ) dan diminum selagi hangat apalagi pas di daerah pegunungan pasti lebih terasa nikmat.
 Perbincangan tentang tentang telur tentu bukan hal yang asing lagi bagi kita, mulai dari kanak-kanak sampai orang tua suka memakannya di samping nikmatnya ternyata didalam telur memiliki kandungan protein yang bagus bagi tubuh kita, namun dari sekian banyak jenis telur ternyata telur ayam kampung per 100 gramnya memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein 4,9 mg zat besi dan 61,5 g retinol atau vitamin A.Kerana alasan tersebut juga telur ayam kampung lebih diminati dibandingkan dengan telur ayam yang dipelihara.
Telur ayam kampung yang asli mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan telur ayam yang lain.Selain sumber kalori dan protein haiwan yang cukup baik (mudah diserap usus dalam jumlah yang banyak) dapat dipakai sebagai campuran minuman jamu yang diyakini dapat memberikan kesegaran pada tubuh.

C. Mengapa kuning telur lebih baik daripada putih telur ayam kampung
Ditinjau dari kandungan gizinya, kuning telur lebih baik daripada putih telur. Semua jenis protein, kolesterol, lemak, vitamin A yang terkandung di kuning telur tidak dimiliki oleh putih telur. Selain itu, dalam kondisi mentah, putih telur memang bisa menghambat proses penyerapan vitamin A. Namun, meski kandungan gizinya tidak sebaik bagian kuning, putih telur tetap layak dikonsumsi asalkan dimasak matang. Lagi pula putih telur bisa dijadikan olahan lezat lainnya seperti kue. Sayang bukan jika dibuang? Jadi semua kandungan protein, kolestrol dan lain-lain ada pada kuning telur ,itulah alas an mengapa kuning telur lebih baik daripada putih telur ayam kampung.

 D. Apa beda telur ayam kampung dengan ayam negeri
 Inilah yang seharusnya kita harus kta ketahui sebagai alat pertimbangan dalam memilih jika dihadapkan dau jenis telur ini, tentulah kita lebih memilih yang lebih baik jika kita mengetahui yang mana yang lebih antara telur ayam kampung atau ayam negeri. Telur ayam kampung memang lebih baik karena mengandung asam amino yang lebih baik dan sekaligus lebih tinggi dibanding ayam ras maupun ayam negeri. Inilah yang menyebabkan semua kandungan gizi pada ayam telur kampung bisa diserap tubuh dengan lebih baik. Meski begitu, dari segi kandungan gizi, seperti lemak, kolesterol, vitamin, dan lainnya, tidak ada perbedaan mencolok antara telur ayam kampung dan ayam ras maupun ayam negeri.namun kita perlu ketahui pula bahwa telur adalah makanan terbaik dari susu, semua makanan mengandung protein tinggi atau rendah dalam 100 gramnya tergantung kadar airnya. Artinya, mengonsumsi susu sebanyak 100 cc dibanding telur ayam 100 gram, tentu saja nilai gizinya lebih baik telur ayam. Ini karena susu lebih banyak mengandung kadar air daripada telur. Sebagai gambaran, susu mengandung protein sekitar 3%, sedangkan telur sekitar 12%. Padahal harga 100 cc susu relatif jauh lebih mahal ketimbang 100 gram telur. Apalagi jika dibandingkan dengan daging. telur merupakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah.














            E. Apa kandungan di dalam telur ayam kampung
Tabel 1. Komposisi Gizi Telur ayam kampung (Per 100g)

Zat Gizi
Ayam

Air (g)
75.33

Energi (kkaal)
149

Protein (g)
12.49

Lemak (g)
10.02

Karbohidrat (g)
1.22

Mineral (mg)
486.58

Vitamin B6 (mg)
0.139

Asam amino (g)
12.49

Asam pantotenat (mg)
1.255

Riboflavin (mg)
0.508

Tiamin (mg)
0.062

Vitamin A (IU)
635

Niasin (mg)
0.073

Vitamin B12 (mcg)
1.00



  Kandungan Telur Ayam Kampung sama seperti telur lainnya, telur ayam kampung juga mengandung protein,zat besi, kalori, retinol (vitamin A), karbohidrat, vitamin D, betakaroten, letichin , omega-3 dan masih banyak lagi lainnya. Karena diperoleh dari ayam yang utmbuh secara alami, kandungan telur ayam kampung jauh lebih “steril” dari pengaruh bahan kimia. Oleh sebab itu, secara klinis khasiatnya jauh lebih terasa. Jika didasarkan pada ciri fisik, telur ayam kampung memang khas dan berbeda dari jenis telur lainnya,pesifikasi fisiknya antara lain berat telur ayam kampung berkisar di anfka 26,27 gram sampai 55,4 gram. Ukurannya jeuh lebih kecil jika dibandingkan jenis telur ayam ras. Bentuknya lonjong dengan panjang sekitar 5cm. Sementara itu warna cangkangnya cenderung lebih putih dan bersih dan terkadang kemerahan dan coklat. Tekstur cangkangnya juga jauh lebih halus jika dibandingkan dengan cangkang telur lainnya.
  F. Khasiat dan manfaat telur ayam kampung bagi kekebalan tubuh
Sebenarnya inti karya ilmiah ini adalah khasiat dan manfaat telur ayam kampung ,tetapi kita harus mengetahui pembahasan sebelumnya karena tidak mungkin langsung percaya apa yang pemateri sajikan kepada pembaca khusus.nilai inti dalam karya ilmiah ini sebenarnya sangat simple karena kita ketahui apa itu telur ayam kampung dan apa perbedaannya dengan telur-telu yang lain dan apa kandungan yang dibutuh kan oleh tubuh kita sebagai alat kekebalan terhadap suatu penyakit , pada hakikatnya semua telur mengandung protein namun timbul pertanyaan yang kemudian menjadi sebuah wacana untuk dibahas,apakah kandungan dan khasiatnya telur ayam kampung sama dengan ayam negeri, dari berbagai data yang saya dapatkan dan kemudian saya menyimpulkan bahwa sebenarnya telur ayam kampung memiliki khasiat yang multiguna karena bisa menjadi suatu pertimbagan, namun sudah menjadi suatu yang umum bahwa semua sesuatu pasti ada dampaknya , seperti hal-nya dengan obat pada umumnya jika di komsumsi berlebih maka akan over dosis . bagi pula dengan telur. Ada banyak sekali pendapat tentang khasiat dan manfaat telur ayam kampung antara lain.Manfaat dan khasiat telur ayam kampung. Telur ayam kampung dipercaya memiliki manfaat dan khasiat yang tiada tara untuk kesehatan tubuh. Telur ayam kampung kini tergolong langkah dan harganyapun sangat mahal. Untuk mengambil manfaat dan khasiatnya biasanya telur ayam kampung kuningnya ditelan mentah-mentah atau di campur dengan bahan-bahan berkhasiat lainnya seperti madu, buah kenari, susu dll tergantung dari manfaat dan khasiat yang diinginkan. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat telur ayam kampung.
Manfaat dan Khasiat telur ayam kampung
Ø  1.Telur ayam kampung berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina, biasanya di minum dengan madu atau susu
Ø  2. Telur ayam kampung jika di makan kuningnya dengan perasan air daun pepaya dapat menyembuhkan penyakit malaria
Ø  3. Telur ayam kampung dapat memperkuat urat syaraf, mengatasi kelelahan dan menghilangkan kantung mata
Ø  4. Telur ayam kampung jika di pakai sebagai masker dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit dan mengencangkan kulit.
Ø  5. Telur ayam kampung bermanfaat untuk membentuk otot pada binaraga
Ø  6.Telur ayam kampung jika di makan setengah matang bermanfaat dan berkhasiat sebagai sumber nutrisi tubuh karena banyak mengandung protein, vitamin dan beberapa jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh. mendapatkan badan sehat tak perlu mahal, kita bisa mencobanya dengan menjaga pola makan dan gaya hidup. Salah satunya dengan memperhatikan nutrisi yang kita konsumsi seharian.  Nutrisi adalah unsur / zat kimia yang jika dimasukan ke dalam tubuh berguna untuk melakukan fungsinya, memberikan energi, membangun dan memelihara jaringan dan menjaga proses kehidupan. Salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh yakni nutrisi yang mengandung protein. Protein dapat dihasilkan dari berbagai makanan seperti telur. Mengkonsumsi telur sedikitnya 1 butir per hari sangat dianjurkan, mengingat telur adalah sumber protein dengan nilai biologis paling tinggi. Dalam sebutir telur juga terdapat berbagai vitamin dan mineral esensial yang penting bagi tubuh seperti thiamin dan riboflavin. Dalam telur juga ada 13 jenis vitamin, termasuk vitamin A, D, E, dan 8. Kandungan mineralnya juga baik karena terdapat fosfor dan zinc. Memperkuat urat syaraf.
Ø  7. Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.
Ø  8.Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh. 
Ø  9.Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup. Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.
Ø  10.Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi. Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati – hati mengatur konsumsinya.
Ø  11.Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.
Ø  12.Meningkatkan stamina/kekuatan karena didalamnya mengandung kolesterol

H. Fungsi telur ayam kampung bagi tubuh
Fungsi Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan diantaranya :
v  Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.
v   Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup.
Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir
sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.
v  Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi.
Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati - hati
mengatur konsumsinya.
v  Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih
membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.

 Tidak hanya itu manfaat telur ayam kampung juga berfungsi dapat menyembuhkan beberapa penyakit, apa saja penyakit yang bisa sembuh apabila mengkonsumsi telur ayam kampung. diantaranya  dapat menyembuhkan :

  • Radang tenggorokan
  • Batuk.
  • Paru Paru.
  • Ginjal.
  • Saluran kencing.

Jadi selain mempunyai manfaat yang banyak telur ayam kampung juga memiliki fungsi yang mampu menyembuhkan penyakit penyakit yang sering terjadi pada manusia.

 H.Telur ayam kampung sebagai masker kecantikan
Ini mungkin memang kelihatan aneh di mata kita dan terdengar agak sumbing di telinga kita , apa hubungan telur ayam kampung dengan kecantikan , tapi kita harus percaya dengan firman Allah azza wajalla yang artinya” segala sesuatu yang Allah ciptakan tidak ada yang sia-sia” ternyata hal sekecil telur ini mempunyai banyak manfaatnya
Ada pun car membuat masker kecantikan dari telur ayam kampung
Caranya putih telur ayam kampung ini bisa kita jadikan masker. Masker ini sangat cocok untuk kulit yang berminyak. Nah, langkahnya cukup mudah dan praktis tanpa mengeluarkan banyak biaya.
  • Pisahkan putih dari kuning telur, jangan lupa kocok putih telur hingga kaku
  • Tambahkan jeruk nipis atau lemon ( jeruk ini fungsinya sebagai astringent dan juga untuk menghilangkan bau amis telur )
  • Tambahkan pula madu dan aduk ketiga bahan yang tadi disebutkan hingga rata
  • Jangan lupa memilih telur yang segar dengan ciri warna telur mengkilap biar hasilnya nanti maksimal
  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat untuk membersihkannya. 
  • Khasiat putih telur ini akan terasa jika anda melakukan perawatan ini minimal 1 kali dalam seminggu.

Oh iya, bukan berarti bahan alami aman-aman saja dari efek samping. Buat kamu yang memiliki kulit yang mudah alergi, disarankan menggunakan masker yang tidak menggunakan bahan protein hewani.
I.Dampak jika berlebihan dalam mengkomsumi telur ayam kampung
Dalam dunia kesehatan sering kita mendengar kata over dosis , apakah jika kita mengkonsumsi telur ayam kampung secara terus menerus akan membuat kita over dosis , over dosis sendiri  berarti mengkonsumsi obat secara berlebihan dari takaran yang di tentukan oleh dokter. Di dalam mengkonsumsi telur ayam kampung di anjur agar tidak tiap hari mengkonsuminya karena akan menyebabkan keluhan dan gejala lainnya,. Oleh karena itu di anjurkan agar tidak mengkonumsi telur mentah tiap hari , karena di dalam telur mentah terdapat bakteri yang dikenal sebagai Salmonella enteritidis. Bakteri ini bisa menyebabkan keracunan pada makanan.dan penelitian dari Healthmad, bakteri Salmonella enteritidis biasanya ditemukan dalam kuning telur, tapi sebagian besar putih telur tidak kebal terhadap bakteri ini. Satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan memasaknya hingga matang. Akibatnya bakteri penyebab penyakit pada makanan akan mati, tapi tidak merusak protein yang terkandung dalam telur.
Selain bakteri Salmonella tersebut, dalam telur mentah juga terdapat zat avidin. Zat ini mampu mengikat biotin sehingga makanan tidak dapat dicerna, akibatnya membuat kadar biotin dan hemoglobin dalam urin menurun. Biotin adalah koenzim yang ikut berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, selain itu zat ini juga larut dalam air.

            Jadi ingat, memakan telur mentah ada bahaya keracunan akibat baketri dan zat avidin di dalam telur mentah bisa mengikat biotin dengan gejala mengantuk, penurunan berat badan, insomnia, gangguan pada kulit serta nyeri pada ototnya. Hal ini disebabkan oleh terganggunya metabolisme dari zat makronutrien dalam tubuh.Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah sangat berisiko tinggi terkena kontaminasi seperti pada anak-anak, ibu hamil,bukan dan buat orang dewasa tidak apa-apa mengkonsumsi asalkan tidak tiap hari

  
            KESIMPULAN
Berbagai macam khasiat dan manfaat telur ayam kampung telah di paparkan dalam pembahasan makalah ini , mulai dari penyakit yang kronis maupun non kronis, pada intinya segala penyakit akan sembuh jika disertai dengan doa dan usaha , dan pada hakikatnya obat hanyalah sarana untuk kita sembuh dan ridho Allah Azza Wajalla lah yang akan menyembuhkan. Khasiat telur ayam kampung memang sudah teruji di bidang kedokteran karena satu-satunya makanan yang mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, tubuh sangat membutuhkan protein, dan banyak lagi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yang terdapat di dalam telur.jika kita berbicara tentang obat dan penyakit , tentu ini ibarat dua sisi yang tidak bisa dilepaskan  karena sangat berhubungan dan saling melengkapi.
PENUTUP
Hidup tanpa bantuan manusia dan alam pasti akan terasa sepi dan sulit.
Alhamdulillah karya ilmiah bertemakan “KHASIAT TELUR AYAM KAMPUNG BAGI KESEHATAN” akhirnya terselesaikan dengan baik , walaupun dalam penulisan dan penjelasan masih kurang dan saya memahami benar oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat saya dambakan dari berbagai pihak demi untuk kemajuan dalam menulis. Karya tulis ini terselesaikan tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Terimakasih saya ucapkan kepada orang tua saya , MAMA SARI dan BAPAK RUDI , yang telah memberikan dukungan kepada saya baik materil maupun immateril dan kepada saudara-saudara saya , Bang Iam , Kak Yunita , Kak Very yang selalu mengingatkan saya dikala salah dalam memilih jalan dan menghibur saya ketika sedih  dan juga kepada adek tercinta saya SAHARA NOVALIA , semoga tahun ini lulus bersama kakaknya tercinta ini AMINNN!!!! , yang selalu mengingatkan dan kadang juga membuat jengkel , tapi senyum mereka bahagia yang tidak terhitung , dan tak lupa juga kepada teman seperjuangan saya Dinda , Adhel, Tikha Tabassum, Naya ,Rifha , azizah di palu dan kepada Nanda semoga dimudahkan dalam menghapal Al-Qur’an dan terimakasih buat no punggung 21 yang telah membantu  semua teman-temen yang tidak sempat saya sebutkan satu persatu dan seluruh anggota KAIZEN  yang semoga tahun ini kita semua LULUS 100% amin .
# SETIAP ADA PERTEMUAN PASTI ADA PERPISAHAN #

6 komentar:

  1. terima kasih infonya, sangat bermanfaat buat saya, semoga makin cerdas ..amin

    BalasHapus
  2. The Can Titanium Rings Be Resized
    This trex titanium headphones includes all titanium wallet of the new replacement pieces that have been replaced titanium belt buckle to make the titanium vs platinum Rings with a titanium element longer lasting handle. They are designed to

    BalasHapus